Entri Populer

Wednesday, May 15, 2013

Tentang Indonesia




Aku tinggal di negeri yang kaya dengan ragam budaya. Etnis ataupun suku, ras dan agama semua berbaur disini. tempatku tidaklah miskin.bahkan jika kau tidak memiliki tempat tinggal, kurasa kehidupan tetap bisa kau bangun disini. mungkin karena dulu banyak masalah yang menyapa wilayah ini. mungkin masa kerajaan dulu, dimana kebudayaan indonesia dibangun. Mungkin karena peperangan antar suku dulu yang membuat negeri ini dewasa. Atau bisa juga karenapertikaian antar agama. Dulu memang banyak sejarah terbentuk dinegeriku. Bahkan penjajahanpun tak ketinggalan untuk singgah ditempat kami demi ingin merasakan nikmatnya negeriku.aku bayangkan, betapa mereka relauntuk berbuat jahat demi negeri ini. tidakkah mereka tahu kalau perbuatan itu akan kembali kepada mereka pada akhirnya nanti?.
Kini aku ingin menikmati kisahku bersama negeri tercintaku. Barangkali hari ini, masa ini, akan menjadi satu sejarah yang palingberharga bagi anak cucuku nanti. Mungkin aku sendiri tidak mengetahuinya dari mana asal sejarahitu muncul. Mungkin bisa dari penjual bakso keliling yang menyekolahkan anaknya hingga menjadi profesok dan sangat berpengaruh ditempat ini. atau bisa jadi anak yatim piyatu yang tba-tiba menjadi kiayi yang meribah cara pandang oraangindonesiatentangIslam. Bisa apa saja yang mejadi sumber sejarah.
Tapi aku tidak yakin, kalau itu adalah satu-satunya jenis sejarah yang sering dinantikan oleh semua orang. Tentang profesor?, mungkin itu hanya untuk para ilmuan saja, tentang kiayi, mungkin itu hanya untuk para penceramah saja tapi bagaimana denan sesuatau yng benar-benar dinantikan oleh semua orang. Semua orang dinegeri ini. bahkan seluruh pelosok dunia ingin menanti kedatangan sejarah itu.
Orang-orang kini telah menjadi semakin berkembang. Namun aku tidak menyangka mengapa semakin berkembangnyakehidupan, malah justru semakin membuat orang-orang sibuk. Bukannya semakin santai saja. Apakah karena makanan mereka tidak sama lagidengan makanan orang-orang dulu?. Kurasa dulu kehidupan sangatlah sulit untuk dipahami. Namun entah kenapa orang-orang bisa hidup dengan senangnya, dengan tenangnya. Padahal makanan mereka tidak semewah sekarang. Tidak semudah sekarang untuk mendapatkannya. Apakah karena dulu tidak ada persaingan?, apakah karena dulu banyak makanan?, atau karena dulujumlah manusia lebih sedikit?. Lantas bagaimana dengan makanan sekaran? ,tidakkah itu terlalu mudah didapat?, jumlah manusia banyak, namun, tidakkah banyak kemudahan yang trsedia?. Entahlah aku memikirkan ini berulang kali. Ssangat serng hingga membuatku takut akan hal buruk terjadi.
Ini semua membuat mimpi-mipi buruk yang membekas dalam benakku tentang sejarah. Tentang masa lalu dan masa yang akan datang tetnang negeri ini. mengapa aku ketakutan sendiri, aku bingung. Tidak ada kata yang paling aku sukai dari semua beban pikirannku ini selain sejarah, sejarah besar yang dinantikan umat manusia. Dimana sejarah itu diciptakan oleh mereka sendiri. mereka menantikan apa yang mereka buat sendiri tanpa ada kesaradarn dari mereka. Seolah mereka adalah orang yang menantikan rumah teindah namun mereka sendiri tidak tau sedang membangunnya. Hingga nantiu pada akhirnya mereka akan melihat, wah, ternyata aku telah membuat rumahku sendiri, ternyata aku telah menciptakan apa yang selama ini aku tunggu tunggu. Semua orang akan seperti itu, mereka akan heran dengan apa yang mereka lalkukan. Ada yang menyesal, ada yang gembira ada yang merasa terlalu bodoh untuk memutuskan apakah itu hasil dari perbuatannya.
Sejarah inilah yang aku nantikan. Sejarah dari mana semua orang bisa memulainya dan menyelesiakannya. Adakah hal yang seperti itu?. sejarah bersama. Aku menantikan seperti apa yang dinantikan. Tapi disisi yang sama kami tidak menyadari bahwa yang dinantikan akan segera tiba. Bersama kesengsaraan dan keikmatan yang tak dapat digambarkan lagi. Ketakutan dan kebahagiaan yang tida ktergambarkan lagi. Sebuah sejarah umat manusia terbesar. Dan tak akan pernah terlupa. Namun aku sendiri memikirkan, akankah ada sebuah cerita tentang sesuatu yang begitu spektakuler sehingga membuat semuagenerasai dari mausia sendiri tidak mampu untuk mencertakannya. Sebuah penantian yang tidak diharapkan. Juga tak ingin diceritakan ketika terjadi. Namun itulah sebuah sejarah. Aku harap ini membawa semua umat manusia bearhenti sejenak dan melihat sekelilingnya. Tantangapa yang sedang terjadi. Orang membawa paying yang tergesa-gesa?, professor yang sedang sibuk dilabnya, seorang pelajara yang sedang membaca buku seharian, karywan yang menjadi robot perusahaan?, akankah semua ini akan bisa dinikmati dalam semenit demi merasakan bahwa sedang terjalin proses s ejarah besar disekitar kita? Andai saja ada yang melihatnya, andai saja ada yang menikmati udara oramanya, pasti akan lebih paham akan sebuah cerita tentang dirinya sendiri.

No comments:

Post a Comment