Entri Populer

Friday, May 10, 2013

BELAJAR MEMAHAMI KONDISI DIRI (bag I)


-->
Akan selalu seperti ini. entahlah, tapi inilah yang sedang berlaku.biarkan sebentar saya rumuskan untuk anda dengan mengawalinya dari beberapa pertanyaan yang merangkap berbagai permasalahan besa dalam kehidupan, khususnya bagi seorang mahasiswa.
Pertanyaannya begini:
Apa yang akan terjadi jika seorang mahasiswa diberkahi satu perasaan lelah?
Apa yang akan terjadi jika seorang mahasiswa diberkahi satu perasaan jenuh?
Apa yang akan terjadi jika seorang mahasiswa diberkahi satu perasaan motivasi besar?
Apa pula jadinya jika kita akan kombinasikan semua perasaan ini?, perasaan lelah, jenuh, namun memiliki motivasi besar yang tujuannya berbeda dengan yang sedang dijalani?

Maka mari kita bahas satu persatu, sekaligus saya ingin mempelajari diri saya sendiri. Jadi, bisa dibilang, anda akan banyak mendapatkan pelajaaran dari kisah hidup saya. Atau kalau lebih spesifiknya, saya yang merana, anda yang memanen ilmunya. Heheh, kira-kira begitulah.
Baiklah, saya akan ambil dari awala dulu, biarka saya kasih penomoran terlebih dahulu, agar bisa terkonsep juga cara penyampaian saya.
  1. LELAH
Nah, teman-teman semua, kita akan sedikit melihat, apa yang disebut dengaan kelelahan versi freeplaces_cani, bahwa secara istilah, kita sendiri bisa mengartikan bahwa kelelahan adalah kondisi dimana tubuh seseorang merasa butuh satu istirahat khusus untuk memulihkan tenaganya demi menyelesaikan tugasnya kembali. Hehehe, kira-kira begitulah, tapi apa iya?. Nah, mari kita telusuri sedikit demi sedikit. Dua hal sebenarnya yang akan menjadi penyebab kelelahan[khususnya apa yang meurut saya sesuai pengalaman]. Yakni, fisik dan hati. Ketika fisik harus butuh istirahat dan diposisiyang sama hati masih memiliki semangat untuk berkarya, maka, kebutuhan fisikpun akan terbengkalai, dan ini mengakibatkan seseorang jatuh sakit secara tiba-tiba. Sakit yang datang secara tiba-tiba jangan dikira tuhan salah kirim disaat anda sedagnbersemangat kerja. Itu adalah peringaatan, terlepas anda mengharapka itu adalah agenda penghapusan dosa, saya ingin katakana itu adalah peringatan. Lantas untuk konsisi dimana fisik tidak butuh istirahat atau tidak lelah, tapi hati yang lelah. Maka, bisa dikatakan ini adalah kekurangan motivasi didalam hati orang tersebut. Motivasi sangat dibutuhkan, sehingga bisa membuat anda selalu ingin berkarya meski dikondisi terburuk dalam diri anda. Lalu apa yangingin kita bahas disini sebenarnya?.
Sumber Gambar :kolomkita.detik.com
Nah, itu dia, saya juga bingung, tapi bacalah terus tulisan ini. saya ambil kondisi ini dari apa yang sedang saya jalani, mungkin, jika anda ragu-ragu, atau yakin saja, jika anda percaya.
Bagaimana anda harus bekerja ditempat yang anda sendiri tidak memiliki motivasi kerja dalam bidang itu?. anda mungkin diawalnya menikmati, tapi tidak seperti yang lainnya, anda hyan menikmati seperlunya saja. Dan untuk seterusnya anda mencari motivasi kerja anda yang sesungguhnya. Mungkin ini yang sedang berlaku, bahwa ketika motivasi kerja anda tidak ada pada bidang yang anda geluti saat ini, atau lebih tepatnya anda kehilangan hati ditempatkerja. Maka seperti ilmunya, bahwa sesehat, sekuat apapun fisik anda, jika motivasi anda hilang untuk apayang sedang dijalani oleh fisik anda, maka secara otomatis anda akan mencari jalan keluar dari sana untuk pindah ketempat kerja yang lain.
Saya tidak ingin mengajarkan penyesalan kepada andadengan apa yang tengah anda jalani, tapi justru harus anda syukuri semua itu, karena itulah yang memberikan proses kedalam diri anda sehingga anda harus mencari titik motivasi paling murni didalam diri.
Dari kondisi hati tak ada, fisik tetap bekerja ini, maka hanya dua pilihan yang bisa kita berikan untuk orang ini, bekerja terus dibidang yang sama, namun lambat laun tanggung jawab kerja yang diamanatkan padanya perlahan akan terbengkalai alias tidak dipenuhi. Akan banyak janji kerja atau tanggung jawab yang tak terpenuhi lagi, dan itu akan perlahan membuat diri anda tertolak dilingkungan anda sendiri yang awalnya menerima anda.
Pilihan kedua, adalah, anda mendegarkan suara hati anda, bahwa anda akan mencari motivasi didiri anda. Ketika ini akan anda terapkan, maka anda akan keluar dari pekerjaan anda dengan keputusan anda sendiri, tidak harus menunggu menjadi orang yang dibenci karena lalai, tapi karena keputusan untuk mundur dari temapt itu. mungkin akan dianggap penghianat atau apalah, karena pada sisi yang sama teman-teman kerja anda masih menyukai anda ketika itu. dan inilah salah satu tantangan untuk anda. Kasih sayang para sahabat.tapi jika dipikir-pikir, itu akan hilang juga ketika hasil kerja anda perahan menurun. Maka putuskanlah.
Simpulan kata adalah,
  • fisik anda tetap bekerja, namun hati mulai hilang akan menghasilkan kerja buruk, dan penerimaan lingkungan akan berkurang untuk anda.
  • Harus memenuhi perasaan hati, meski fisik masih mampu untuk bekerja,tapi dikondisi ini, anda mencari jati diri,maka lekas pindah, agar motivasi hati akan tumbuh sesuai yang diimpikan, dan kekuatan fisik bisa selalu bekerja dengan baik, karena keinginan hati terpenuhi.
Nah, jika dua pilihan ini menururt anda harus ditambah.maka saya tambahkan. Satu, yakni ,fisik anda tetap bekerja disitu, tapi hati anda yang harus diperbaiki. Caranya?, anda tidak saya suruh untuk menikmati awan disana, atau menikmati suasana kerja didalam ruangan. Sebab saya sudah mencobanya, dan Alhamdulillah, saya menikmati suasana tempat saya, saya menikmati candaaan mereka, dan memang Cuma itu yang saya nikmati {contoh}.tapi itu tidak mempengaruhi hati saya untuk meninggalkan suatu pekerjaan. hati tetap kuat untuk meniti jalan yang berbeda.jadi?, apa yang harus dilakukan?, anda akan butuh motivator seperti bapak Mario teguh untuk sebuah materi tentang mencintai kembali pekerjaan. Atau tetap berbahagia ditempat kerja.jika tidak bisa. Maka sebenarna hanya Allah yang anda butuhkan,tidak yang lain. Hanya itu. tapi bagaimana?, anda cukup menangis dihadapan Allah [shalat tahajud maksud saya, atau shalat istikharah}. Itu pilihan terbaik untuk anda. Disamping itu, anda silahkan menonton film yang berkaitan dengan pekerjaan anda. Jika anda bekerja sebagai karyawan, maka carilah film-film berkisah tentang karyawan atau tentang para pekerja. Saya rasa anda bisa cari di internet untuk judul-judulnya. Yang berikutnya, anda cukup melakukan pengevaluasian terhadap pekerjaan anda dulu. Bisa dengan melihat kembali foto-foto anda ketika diawal kerja. Melihat status-status fb anda dikala itu. mungkin anda akan tersenyum, akan termotivasi lagi. Saya yakin, ini hanya salah satu cara dari ribuan cara {andai kalau bisa aya hitung}, baru satu saja sudah panjang, bagaimana yang seribu.
Nah, mungkin baru itu yang bisa dituliskan tentang lelah.nanti akan dilanjutkan dengan yang namanya jenuh. Kita lanjutkan membaca.

No comments:

Post a Comment