Entri Populer

Saturday, May 4, 2013

Siapa bilang :AKU CINTA PENDIDIKAN INDONESIA HAHAHAHAHA…. (bag III)


-->
Memang sih dikebanyakan kita kan mikirnya standar nilai bla..bla..bla, agar bisa naik kelas, kenapa bukannya dibantu malah tidak dinaikkan. Dibantu dalam hal ini difasilitasi mereka agar tetap bisa naik kelas dengan cara bimbingan khusus dari guru.hanya kebanyakan kita sih lebih suka menghakimi siswa toh?, karna kita juga dulu begitu, yah paling tidak bisa balas dendam lah untuk generasi berikutnya, sehingga tidak ada kemajuan dalam pendidikan, yang ada malah kemunduran.

Kapan anda mencintai guru anda? Pada saat dia memahami anda dan mau meolong anda?, maka sebagai guru belajarlah memahami siswa. Yang lambat blajar, dibantu, yang bodoh jangan dilecehkan, yang tidak kerja pr nggk usahlah dipukul atau dipermalukan, tapi cari solusinya. Sebab mungkin dia sibuk atau belum ngerti, atau bingung dll. Begitu kan?,

Coba lakukan penelitian dari ribuan pengalaman studi anda, apa yang paling dikenang siswa dari gurunya?. Emosinya?, kegalakannya?, banyak tugasnya?, kecantikannya? Kebaikannya?, kejaimannya?.silahkan anda cari tahu. Ketika guru mau masu kedalam kelas, apa yang paling sering muncul dibenak siswa?, ketakutan?,bersiap-siap untuk berpura-pura disiplin?
Nah, silahkan anda cari tahu sendiri,
  • bagaimana agar guru dikenal bukan sebagai orang yang menakutkan tetapi dirindukan.
  • Bagaimana agar siswa menikmati kedisiplinannya sendiri tanpa harus berpura-pura. Bahkan sampe mereka bisa bangga dengankedisiplinannya itu sendiri sebagai trend keren didalam kelas.

Hayooo. Bagaimana?, mampukah?, atau anda malas?, karena beban pikiran tentang istri anak dirumah, atau mikirin utang, mikirin makan?, yah,mulai saat ini mari kita cari solusi terbaik dengan kondisi yang ada bagaimana agar kondisi keuangan atau perekonomian pribadi tidak membatalkan kualitas anda memberi pelajaran kepada siswa. Agar siswa ngga akan bilang pas anda lagi marah mungkin{kan biasanya guru-guru kita identik dengan marah kalau ngelihat kesalhan, bukan memperbaiki dengan nasihat serta solusi, tapi marah-marah tidak karuan, yang nggakk ada maknanya}, lantas siswa bilang, kalau lagi ada masalah dirumah, jangan lampiaskan kekami pak…., kalau lagi lapar, bilang aja pak, kami bisa traktir kok, asal bapak jangan mrah-marah hanya untuk persoalan sepele seperti tidak kerja PR.

Salah satu tujuan penulisan ini adalah merubah pola pikir kita terhadap pendidikan,demi untuk generasi berikutnya, caranya adalah dengan memutuskan rantai pendidikan penuh dosa untuk generasi penerus.hehehehe..
  • siswa mengejar nilai. Maka kualitas siswapun menurun tiap tahun
  • guru mengejar PNS agar sejahtera katanya, maka kualitas guru menurun
  • sekolah mengejar kualitas tertinggi menyaingi sekolah lainnya, maka sekolahpun menjadi toko jual beli pelajaran dengan guru sebagai karyawannya.
  • System yang kacau ini akan menghasilkan siswa pintar tapi robot, guru pintar tapi robot,sekolah berkualitas tapi jadi mall belanja pelajaran.
  • System yang kacau ini akan menghasilkan siswa yang bodoh tapi penuh kreatifitas hidup dan social tinggi, guru bodoh tapi kelebihan perasaan.sekolah berbeda-beda harga dan kualitas, sehingga menjadi salah satu standar symbol harga diri masyarakat.
  • Mengapa sekolah yang mengaku cerdas, berkualitas, tapi tidak menerima siswabodoh? Ada apa ini? mereka lebih mementingkan siswa cerdas, lalumenganggap diri mereka berkualitas, karena sekolah mereka satu-satunya yang menghasilkan siswa cerdas mirip robot. Meski lebih pintar om google.
Kenapa hayooo?, coba anda menerima siswa paling buruk, paling nakal, paling bodoh disekolah anda, lalu buat mereka mejnadi orang cerdas. Saya rasa justru mereka adalah sekolah paling berhasil. Dan kalau bicara harga, malah sekolah itu yang seharusnya paling tinggi hargaya. Guru-guru disitu yang seharusnya paling cerdas. Karenailmu itu tidak bicara mentransfer ilmu doang kayak flashdisk, tapi juga hal-hal yang harus dilihat. Kebebasa ekspresi siswa. Kalau semua siswa mau dikekang didalam kelas. Yah,mending pemerintah disuruh beli aja mesin, atau robot. Toh nanti bisa jadi para pengajar kita digantikan oleh robot doang. Pengajar digantikan dengan video rekaman youtube doang. Kan mantap tuh?
Jadi kalau anda mengajar, cukup buat satu rekaman video anda mengajar, dan itu andagunakan untuk semua kelas tiap kali anda mengajar. Pas kalau anda pertanyaan baru dibahas. Bukankah itu lebih mempermudah?, siswalebih enjoy menikmati kalau ada animasinya mungkin.tai jagan pake iklannya, tapi itu bukan ide yang buruk juga, kalau ingi dibuat.
Bukankah itu belum diatur?, tak tahulah saya, tapi kalaudipikir-pikir, itukan penggabungan IT juga dalam pembelajaran. Kalau ada yang simple ngapain membuat yang repot-repot, tau berlebihan. Dikelas ini anda kehabisan air liur ampe kering-kering, kelas selanjutnya apa lagi, lebih kekeringan. Nah, itu satu ide yang tidak buruk. Pas mereka belajar, anda bisa jalan kekantin atau ke wc, atau bisa main game. Bukankah itu adalah keuntungan yang diberikan kepada guru yang kreatif?, kalau ada yang ngiri paling anda dilaporkan, dengan laporan, bahwa anda malas mengajar, anda mengajar siswa dengan video saja.nah, kalau sudah begini, maka silahkan anda menyiapkan alasan yang paling bisa mengalahkan argument sipelapor.kalau saya cukup bilang itu kreatifitas guru. Yah salah sendiri nggak kreatif, capek-capek deh kalau ngajar. Kan untuk menghasilkan produk yang sama tidak harus dengan carayang sama?, ada cara-caralain kan? Tidak monoton, apalagi kalau muncul cara paling mudah, kenapa dikikis?, itu artinyatida kmau menerima perkembangan. Masih suka beradu dengan kekunoan diri.hehehehe.
Kalau perlu video itu diunggah keyoutube. Lalu pas jam belajar, siswa diarak kelaboratorium computer, lalu suruh buka aja itu video belajar.apalagi kalau itu ada diblognya anda?, dan anda memilki google adsense, HAHAHHA, bisa kayak sambil nyelam minum air.meperbanyak klik itu kan?, hahahah, apalagi kalau ada yang tidak ngerti, yah anda ngerti-ngertiin sajalah, dan bisa jadi ia akan banyak mengunjungi blog anda. Tapi itu dari sisi keuntungn kreatifitas.
Untuk pembuatan video anda juga harus lebih kreatif. Tidak terlalu cepat. dan bisa diikuti oleh orang awam sekalipun.kalau abis selesai video, tapi masih ada yang kepengen nonton yah diulangi aja.


Untuk memaksimalkan pengajaran demi ingin meraih kualitas belajar yang baik. Silahkan anda kolaborasikan saja cara-cara yang saya tawarkan. Apa yang saya tulis ini berdasarkan pemahaman saya saja karena pengalaman pribadi serta beberapa literature tentang pendidikan dan juga obrolan-obrolan kritikan tentang pendidikan. Maka saya memikirkan ini, dan ingin menawarkannya kepada anda.jika ada kesalahan penulisan, silahkan anda perbaikilah,,karena saya terus menulis tanpa melihat keyboard(bedeeehhhh, menulis spuluh jari nih ye...?: sebelas jari malahan) Paling tidak, meskipun saya bukan guru dan juga tidak ingin menggurui, paling tidak saya bisa memberikan kontribusi pemikiran kepada anda dengan ide-ide yang diturunkan Allah SWT secara tiba-tiba. Maka, doakan saya, baik saya masih hidup maupun setelah mati. Nama saya Faysyandri Amali, biasa dipanggil cani. Saya muslim, tinggal dikabupaten gorontalo. Mohon doa untuk saya, kebaikan saya serta keluarga.{jika anda ingin berterima kasih kepada saya, nggak usah kirim pulsa, tapi ini nomor saya,……blablabla heheh…}

No comments:

Post a Comment