Entri Populer

Sunday, June 16, 2013

MASALAH ?



Ada banyak sekali hal-hal yang ada disekitar kitatelah mempengaruhi cara pandang kita terhadap dunia, bahkan itu telah terjadi jauh-jauh sebelum kita lahir, termasuk saya. Apa yang saya maksudkan?, nah, kali ini saya akan membahas tentang hal-hal buruk yang memberikan kita pelajaran buruk. Hal ini sudah sering disampaikan oleh kebanyakan orang, tapi saya ingin menuliskannya kembali untuk anda para pembaca yang tercinta..ta..ta…ta.(eho). Mari kita lihat satu persatu. Dulu sebuah lagu pernah diciptakan, bahkan jauh sembilan puluh tahun yang lalu (kira-kira),diciptakan sebuah lagu anak-anak, tentnag jarinya yang ada lima, ada jempol, ada telunjuk, ada jari tengah, ada jari manis, dan juga ada jari kelingking. Pernahkah anda sadari, kenapa ketika liriknya menggambarkan bentuk dari semua jari secara normal, hanya satu yang bermasalah, apa itu?, yakni kenapa didalam lirik itu ada kalimat bahwa jari manisnya ada cincin. Padahal ini kan lagu untuk anak, kenapa diarahkan kepada cincin, tidak adakah yang lin selain cincin untuk melukiskan jari manis? Misalnya bahwa jari manis itu buat ngetik huruf L di mesin ketik, atau buat bersihin telinga, yang pasti jangan pake cincinlah. Kira-kira apa akibatnya?, yah anda bisa liat sendiri bagaimana sekaang para remaja, banyak yangkepengen segera nikah. Tiak lain tidak bukan, itu semua bisa berawal dari sana lho…
Nah berikutnya. Lagu yang sering anda dengarkan ketika anda mau tidur. Kira-kira lagu apakah gerangan?, ada yang tahu…?, yah,,saya kasih tahu aja. Lagu itu judulnya Nina BObo(kalau nggak salah). Apa yang aneh didalam lagu itu?. anda bisa liat sendiri. misalkan seorang anak yang mendengarkan lagu itu adalah wanita, its oke, namanya biar bukan Nina ngga apa-apa, tapi persoalannya adalah, lagu itu mengajarkan cara mengancam seseorang. Tidak percya?, liat aja liriknya, Nina bobo..Nina Boo,, kalau tidak Bobo…, Digigit Nyamuk.- inikah ancaman. Emangnya kalau udah bobo nyamuknya nggak gigit gitu?. Kan tidak juga. Malahan dari situ sang anak selain belajar cara ngancam, juga sekaligus belajar tentang berbohong, bagaimana bisa?, yah iyalah, hal itu pasti akan ketahuan adalah suatu kebohongan, jika tiba-tiba sang anak bangun dari tidurnya dan melihat badannya bentol-bentol bekas gigitan nyamuk. Kan jadi ketahuan, bahwa kalau tidur itu tetap aja digigit nyamuk. Akibatnya apa?, ah malam berikutnya sang anak jadi galau binti Parah. Nggak tidur-digigit nyamuk, pas tidur-digigit juga ama nyamuk. Kan jadinya galau tho?.
Kemudian kita akan lihat dari sudut pandang jika anak itu seorang laki-laki. Kan malah menjadi didikan buruk baginya jika lagu Nina Bobo ini dinyanyikan. Dia tahu bahwa dirinya bukan perempuan, ini malah dinyanyiin yang begituan. Akibatnya apa?, yah selain didalam dirinya akan terbentuk jiwa dobel, stengah pria stengah wanita yang dalam hal ini akan berkolaborasi dengan semua didikan-didikan yang didapatkan oleh anak perempuan diatas, yakni belajar berdusta, belajar mengancam dan belajar galau. Komplikasi pokoknya.
Nah sekarang kita akan lihat lagu pelangi. Ada nggak yang aneh didalamnya?. Apa yang ia berikan kepada anak-anak dengan lagu ini?, apa ada pembelajaran?, coba kita lihat sama-sama.
Pelangi pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukismu agung siapa gerangan?
Pelangi-pelangi ciptaan Tuhan.
Sekarang mari kita lihat kesalahan pertama, bahwa lirik lagu ini tidak konsisten, dimana pertama dikatakan bahwa pelukis pelangi itu bernama Agung, benar nggak?, coba cek!, meskipun penulisnya tidaktahu siapa Agung itu dengan menuliskan lirik siapa gerangan?, berarti dia telah keliru dalam lirik itu, pelukismu agung, tapi dia sendiri bertanya, siapa agung itu, sehingga ia memutuskan untuk menulis lirik yang lain yakni pelangi-pelangi itu ciptaan tuhan, walaupun dirinya bingung siagung itu siapa?., nah selain tidak konsisten, lirk lagu inipun menggantung, maksudnya?, yah katanya kan pelangi itu merah kuni hijau, dilangit yang biru, lah, yangmerah kuninghijau itu ada dimana?. Didalam lirik yang kita tahu bahwa yang warna biru ada dilangit dengan menulis lirik dilangit yang biru, trus kalau yang merah kuning hijau dimana coba?, silahkan dicari. Dari sini kita akan belajar bahwa lagu-lagu anak jaman dahulu itu bisa memberikan dampak buruk kepada anak-anak dari segi cara berpikir. Walaupun dianggap menghibur, tapi kalau dampaknya didalam cara pikir, maka pasti akibatnya akan kelihatan ketika dewasa nanti, katika anak remaja nikah muda, ia akan tahu bahwa ini berasal dari hasratnya masa kecil ketika mendengar bahwa jari manis itu ada cincin. Semua akan kelihatan, seperti para perampok yang mangancam korbannya, kalau tidak kasih uang bakalan ditembak, ternyata ia teringat dengan lagu nina bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk. Begitu juga ketika ada orang-orang yang tidak percaya tuhan, pikirannya mulai kebingungan yang mana tuhan dan lain-lain, pokoknya masa remajanya atau masa kuliahnya(untuk yang kuliah) akan diselimuti tanda tanya besar tentnag kehidupan, hal ini akanteringat dengan lagu-lagu pelangi yang membingungkan itu.bahwa pelangi itu ciptaan tuhan atau lukisan si Agung, lantas orang-orang lebih ingin mencari thau siapa si Agung dari pada mencaritahu siapa Tuhan.

No comments:

Post a Comment