Entri Populer

Saturday, April 20, 2013

Setelah lulus, anak SMA galau [bag.III]


KULIAH : menuntut ilmu sama seperti anda di masa SMA. Bedanya hanya pada : dosen, jadwal, serta lingkungan pergaulan.[jika ada yang lain, silahkan ditambahkan]
Dimasa SMA barangkalai anda pernah menjadi anak emas dari sang guru, berbeda dengan kuliah, anda akan menghadapi karakter dosen yang berbeda-beda, ada yang disiplinnya luar biasa, ada yang cueknya luar biasa, ada yang mudah marah-marah, ada yang tidak suka diajak kompromi dalam hal pemberian kelonggaran/dispensasi mungkin istilahnya ketika ada satu kesalahan yang anda buat. Anda akan diuji dalam hal ini ketika bermasalah dalam kehadiran, bermasalah dalam tugas, bermasalah dalam ujian. Dan ketika anda tidak dikasih kesempatan untuk memperbaiki diri, maka mulailah timbul perasaan kecewa, mulai timbul pikiran bahwa dosen ini jahat dan lain-lain. Tapi anda akan lihat disisi yang sama, anda akan berhadapan dengan kawan-kawan anda yang rasanya dipermudah oleh dosen anda, istilahnya ada perlakuan yang anda ingin dapatkan dari dosen itu, yang menurut anda perlakuan itu lebih pantas untuk anda apalagi dalam kondisi anda bermasalah dalam belajar, anda akan bertanya, mengapa dosen malah lebih memberi perhatian yang kepada mahasiswa yang lebih cerdas dan cuek terhadap mahasiswa yang kurang cerdas?, malah terasa seolah dosen itu mempersulit anda, sehingga anda akan berpikir, “ apadosen itu buta, tidak melihat nilai saya yang jelek, serta beberapa masalah yang saya alami sehingga membuat saya terlambat memberi tugas atau sering terlambat kuliah?”, ini beberapa pertanyaan, selain ada yang bertanya, tidakkah ada pemikiran dari dosen untuk mendekati dan memberi solusi dalam menyelesaikan persoalan mahasiswanya yang bermasalah?,. anda harus tahu sebagai calon mahasiswa mungkin saat ini akan mengalami hal ini setidaknya anda yang akan bermasalah, atau teman anda yang bermasalah itu, atau barangkali sudah menjadi mahasiswa dan anda berada pada salah satu posisi, maka pastilah anda sudah melihat ini.
Saya menuliskan ini sebagai perkenalan awal dunia mahasiswa. Diluar dari adanya cerita penggodokan dan lain sebagainya, itu tidak terlalu banyak menjadi sejarah dalam perkuliahan, senior?, itu sama saja seperti anda, bedanya mereka hanya memberikan peran demi lancarnya penggodokan, padahal mereka memiliki masalah sendiri-sendiri yang harus mereka selesaikan, istilahnya adalah penggodokan itu hanyalah ajang refreshing saja dari para mahasiswa [ini menurut saya ya…] yang sedikit stress dengan berbagai tugas dan target dalam perkuliahan, buktinya, banyak penggodokan yang terjadi, malah tidak mendidik, tergolong ada kekerasan, pemukulan, pembodohan karakter, serta yang paling parahnya jika alasan yang diutarakan adalah agar lebih mengenal kampusnya, padahal pada kenyataannya adalah agar lebih menghormati senior misalnya, karena tidak ada agenda pengenalan saat dipenggodokan, misalnya memperkenalkan ini lho gedung rektorat, ini lho bapak rector kita, ini lho direktur PKM kampus kita, ini lho mahasiswa berprestasi kita tahun ini, hal ini yang seharusnya ditampilkan malah tidak kelihatan satupun dipanggung penggodokan yang bertujuan mengenalkan kampus, sehingga banyak yang mulai merasa ada kesalahan dalam hal ini. munginitu sedikit terntang peggodokan, dan tambhaannya adalah, bahwa hanya ada dua tipe yang akan anda temui dalam hal karkater paling menakutkan diajang penggodokan ini, yakni, mahasiswa yang terbentuk dari akibat sering dipersulit oleh dosen ketika menghadapi suatu masalah, saya akan pisahkan dalam dua karakter, yang pertama akan sangat jahat dan melampiaskan semua kemarahannya kepada mahasiswa baru tanpa memikirkan bahwa suatu saat nanti dia akan duduk bersama dengan adik-adiknya ini untuk memperbaiki mata kuliahnya yang jelek atau eror. Akibatnya ketika hal ini terjadi, ia duduk dengan juniornya, maka wajahnya akan seperti diamplas habis.
Karakter yang kedua, adalah karakter yang keren, tenang, damai, melihat wajahnya keren, bahkan membuat anda gemetar melihatnya, keliatan penuh ribuan makna disetiap ia melihat anda, penuh pesona memang, tapi dibalik itu dia menyimpan banyak masalah kuliah yang membentuk jiwanya lebih perhatian kepada orang lain, lebih mudah mengerti perasaan orang lain, apalagi mahasiswa baru, dia pasti mudah memahami jalan pikiran anda.
Tapi satu hal yang harus anda ketahui, bahwa mereka akan sangat banyak memiliki pemikiran yang kritis, meskipun terkadang dengan pemikiran kritis itu, masih banyak yang terperangkap dengan pikirannya sendiri, sehingga sulit untuk keluar dari lingkaran kesulitannya sendiri. Namun mereka akan menjadi teman sharing yang cukup baik. Karena mereka memiliki jiwa social yang tinggi [sebenarnya], ingin mempermudah jalan orang yang membutuhkan bantuan mereka.
untuk file lengkapnya, silahkan DOWNLOAD DISINI


No comments:

Post a Comment